Senin, 08 Oktober 2018

Resume Perangkat Jaringan Router, Bridge, Hub, Repeater dan NIC

Perangkat jaringan komputer adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain, sehingga mereka dapat mengirim atau menerima file dan juga berbagi sumberdaya seperti printer atau mesin faks. Contoh dari perangkat komputer yang paling umum adalah jaringan Local Area Network (LAN).
Dari penjelasan diatas, dapat kita ketahui bahwa perangkat jaringan komputer terdiri dari perangkat keras, lunak dan protokol jaringan komputer serta ISP. Perangkat tersebut saling mendukung satu dengan yang lainnya, sehingga jaringan dapat berjalan lancar.

Nama-Nama Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan Komputer
Dalam perangkat jaringan komputer terdapat beberapa alat yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Sebagaimana fungsi perangkat keras jaringan komputer, semua alat akan bekerja sesuai dengan kegunaannya. Dengan begitu, perangkat jaringan akan terhubung satu dengan yang lainnya.
Jadi, jika salah satu perangkat tidak tersambung dalam jaringan komputer, maka perangkat yang lain tidak akan berfungsi. Sistem kerja dari perangkat-perangkat tersebut adalah saling mendukung satu sama lain supaya jaringan dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah nama-nama perangkat jaringan komputer yang wajib anda ketahui:

1. Router

Hasil gambar untuk router gambar

Router adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi sebagai penghubung antar dua jaringan atau lebih. Dengan begitu, mereka dapat berbagi data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Router juga dapat menghubungkan dua jaringan yang berbeda, misalnya jaringan A dapat terhubung dengan jarigan B.
Cara kerja router hampir menyerupai cara kerja bridge, yaiitu mereka sama-sama meneruskan data dan membagi jaringan menjadi beberapa bagian serta menyatukan bagian-bagian jaringan tersebut. Hal yang membedakan adalah router berada di lapisan ketiga OSI.
Router dapat mengubungkan jaringan dengan menggunakan topologi star, bus, dan ring. Router lebih sering digunakan dalam teknologi jaringan yang berbasis protokol TCP/IP atau sering disebut dengan IP router.
Selain itu, router juga dikenal sebagai access server atau perangkat yang dapat digunakan untuk membuat koneksi. Koneksi tersebut menghubungkan antara LAN dengan layanan telekomunikasi. Adapun router yang menghubungkan antara jaringan lokal dan jaringan Digital Subscriber Line (DSL). Router ini sering disebut sebagai DSL router.
Biasanya, router-router diatas sudah dilengkapi dengan fitur firewall. Disisi lain router juga mempunyai kemampuan untuk memblokir lalu lintas data yang dibagikan melalui broadcast. Hal ini dapat mencegah terjadinya broadcast yang berlebihan sehingga kerja jaringan menjadi lebih lambat.

2. Bridge

Perangkat bridge adalah sebuah perangkat yang berfungsi memperluas jaringan satu ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga dapat digunakan pada perangkat lainnya.
Sebelum bridge membuat tabel internal secara otomatis, perangkat ini harus mengenali alamat MAC yang berfungsi mentransmisikan sebuah data ke dalam jaringan. Adapun keunggulan dari perangkat ini yaitu dengan adanya tabel internal bridge, dapat menentukan segmen manakah yang akan di saring.

3. Hub

Hub
Hub adalah perangkat jaringan omputer yang berfungsi untuk membagi server ke jaringan lain. Hub sendiri mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya apabila hub mengalami gangguan maka transmisi jaringan ke komputer akan terganggu atau tidak dapat berjalan. Karena hal tersebut, hub tidak dapat mengatur kecepatan data yang dikriimkan ke komputer lan.
Cara kerja hub adalah dengan cara menyalin data dari sebuah sumber yang telah tersambung dengan port yang ada di hub tersebut. jadi jika dalam satu ruangan terdapat 5 unit komputer yang tersambung dalam satu hub, kemudian terdapat satu komputer yang meiliki data-data. Maka fungsi dari hub itu sendiri adaah membagikan data dai satu komputer tersebut dan mebagikannya kesemua komputer yang tersambung.
Adapun kelemahan dari hub yaitu tidak dapat mebagikan data secara merata kepada setiap port. Hal ini justru yang membedakan antara hub dan switch. Karena switch dapat membagikan data secara merata. Dalam hub, rentan terjadi tabrakan data apabila lalu lintas terlalu padat.

4. Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi memperkuat sinyal pada jarak jauh dan memperluas jangkauan sinyal wifi sehingga perangkat lain dapat terhubung.
Sistem kerja dari repeater adalah dengan cara menerima sinyal dari server, setelah itu memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat. Adapun beberapa fungsi repeater selain memperluas dan memperkuat sinyal dalam jarak yang leih jauh. dengan adanya repeater, banyak perangkat yang dapat di mengakses wifi dengan lebih mudah karena jaringan sudah diperkuat dengan repeater.
Fungsi repeater sendiri adalah untuk memperkuat sinyal, sehingga repeater tidak memerlukan kabel dalam mengakses data. Oleh karena itu, repeater  dapat meminimalisir adanya kabel jaringan yang terlalu banyak.

5. NIC

Hasil gambar untuk nic gambar
Network Interface Cart atau biasa disingkat NIC adalah kartu yang berfungsi sebagai perangkat yang menghubungkan komputer dengan jaringan LAN. Kartu ini sangat berperan penting bagi komputer. Adapun fungsi lain dari NIC adalah membuat perangkat bisa terhubung dengan jaringan melalui kabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar